Perubahan Iklim Bakal Berdampak terhadap Operasional di Pelabuhan

Medan, (Analisa)

DSC05853

PT Pelabuhan Indonesia khususnya (Pelindo) I selaku penyedia infrastruktur di pelabuhan harus menyadari bahwa perubahan iklim bakal berdampak terhadap keberlangsungan operasional di pelabuhan dan dermaga.

“Perubahan iklim merupakan tanggungjawab semua pihak. Termasuk Pelindo I selaku penyedia infrastruktur kepelabuhan. Mengapa demikian, dengan perubahan iklim, permukaan laut setiap tahunnya naik sekira setengah sentimeter. Bahkan, di tempat tertentu dikarenakan banyaknya bencana lingkungan yang terjadi naik hingga 1 sentimeter,” demikian ujar Komisaris Pelindo I Abdul Razak Manan kepada Analisa, Rabu (15/7) yang menjadi salah satu peserta dari 52 delegasi Indonesia yang ikut Pelatihan Perubahan Iklim pada Pertemuan Asia Pacifik Summit di Melbourne, Australia yang digelar Australian Conservation Foundation (ACF) bekerjasama dengan Algore Climate Change, 11 hingga 13 Juli lalu.

Dikatakan Manan, jika Pelindo I tidak menyadari hal ini dari sekarang maka mereka akan terkejut nantinya. Begitu perubahan iklim tersebut memberi dampak terhadap operasional di dermaga dan pelabuhan.
Disebutkan Manan, hasil pelatihan dari pertemuan yang membahas kondisi iklim dunia termasuk Indonesia saat ini yang sudah memasuki fase ‘darurat’, Manan mengaku akan mensosialisasikan dampak perubahan iklim ke seluruh Pelindo yang ada di Indonesia.

Hal ini dilakukan agar Pelindo I peduli dengan dampak perubahan iklim. Selain itu, sebagai salah satu peserta dalam pertemuan yang diikuti 300-an lebih delegasi dari seluruh dunia itu, para peserta berkewajiban mensosialisasikan tentang perubahan iklim beserta dampaknya. “Apalagi Pelindo sudah menargetkan ingin meraih ISO 140001,” cetus Manan yang juga dosen Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta ini.

Masih Manan, pada pelatihan yang diikutinya itu, dirinya mendapat lebih banyak pengalaman tentang kerusakan-kerusakan lingkungan yang terjadi di belahan bumi di dunia.  “Jadi planet bumi ini adalah milik kita, semua negara yang mengikuti pelatihan itupun sudah sepakat untuk mengantisipasi secara bersama dampak perubahan iklim sekarang ini,” tandasnya.(mc)

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s